Iklan

iklan

KWT Desa Salo Timur Dapat Bantuan Dari Tim Dosen Pengabdi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Redaksi
Jumat, 06 Oktober 2023 | 04:23 WIB Last Updated 2023-10-05T21:41:46Z
Tim dosen dari Universitas Pahlawan meraih Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

KAMPAR, Teraskampar.id  - Tim dosen dari Universitas Pahlawan meraih Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tentang Pengembangan Usaha Kelompok Wanita Tani Merbau Desa Salo Timur Melalui Diversifikasi Pangan Lokal Kampar Patin Kelor.

Nur Afrinis, M.Si, Ketua Program Studi S1 Gizi Universitas Pahlawan, menyatakan tujuan program ini untuk meningkatkan kesejahteraan Kelompok Wanita Tani (KWT) Merbau, Desa Salo Timur, melalui diversifikasi pangan lokal berbasis ikan patin dan kelor, yang merupakan sumber pangan lokal melimpah di Kampar.

Saat ini Kelompok Wanita Tani Merbau, salah satu kelompok yang berfokus pada budidaya kelor, menghadapi sejumlah tantangan, seperti rendahnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah kelor menjadi produk bernilai tinggi, peralatan yang digunakan dalam pengolahan masih sederhana sehingga pendapatan yang masih rendah dan keterbatasan dalam pemasaran produk, menjadi masalah yang dihadapi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim dosen dari Universitas Pahlawan melalui hibah Kemendikbudristek memberikan solusi konkret berupa penyuluhan dan pelatihan tentang pengolahan patin dan kelor menjadi produk bernilai tinggi. 

Selain itu, Universitas Pahlawan memberikan bantuan berupa peralatan modern, termasuk mesin pengaduk adonan, mesin pembuat mie, sealer untuk kemasan, dan mesin peniris untuk abon.

Salah satu fokus utama dari program ini adalah diversifikasi produk berbahan patin kelor. Anggota KWT Merbau akan memproduksi berbagai olahan patin kelor, termasuk nugget, abon, dan mie patin kelor. 

Kemasan produk yang menarik dengan informasi gizi yang jelas, tanggal produksi, dan tanggal kedaluwarsa juga akan diperkenalkan, memastikan keamanan dan kualitas produk.
Selain itu tim pengabdi juga membatu KWT dalam memperluas pemasaran produk,baik secara offline ataupun online. 

Dengan bantuan ini, diharapkan KWT memiliki pengetahuan dan keterampilam dalam mengolah produk olahan patin kelor sehingga dapat meningkatkan pendapatan anggota KWT Merbau meningkat signifikan. 

Nur Afrinis, M.Si, menyatakan, ia sangat berterimakasih kepada Kemendikbudristek yang telah membantu memberikan dana dan semoga kegiatan ini lanjutnya, dapat memberikan manfaat  yang besar bagi KWT Merbau. 

"Kami sangat bersemangat melihat dampak positif dari program ini. Selain membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, ini juga menciptakan peluang bisnis yang berkelanjutan untuk kelompok tani," ungkapnya.

Semoga dengan adanya program ini, diharapkan tidak hanya mengatasi permasalahan ekonomi lokal, tetapi juga menginspirasi komunitas lainnya untuk mengembangkan potensi pangan lokal mereka, menciptakan ekosistem ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif di seluruh Kampar.(***)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KWT Desa Salo Timur Dapat Bantuan Dari Tim Dosen Pengabdi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Trending Now

Iklan

iklan