Iklan

iklan

Akui Mesin Produksi Sempat Rusak, Kadis Perikanan Kampar Sebut ICS Koto Perambahan Sudah Beroperasi Normal

Redaksi
Kamis, 16 November 2023 | 22:00 WIB Last Updated 2023-11-16T15:00:33Z

 

Pabrik ICS di Koto Perambahan, Kecamatan Kampa, sempat berhenti beroperasi, kini disebut telah kembali normal (Foto: Dok/int/Ist)
BANGKINANG- Integrated Cold Storage (ICS) atau fasilitas pendinginan ikan terintegrasi yang berada di Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar diisukan telah berhenti beroperasi disebabkan mesin sebagai alat produksi mengalami kerusakan.

Namun, isu itu dibantah oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Zulfahmi. Ia membenarkan, mesin produksi sempat mengalami gangguan namun hal itu sudah bisa diatasi sehingga ICS telah kembali beroperasi normal.

"Saat ini ICS beroperasi. Ada sedikit gangguan, mesin sempat rusak, tapi sudah diperbaiki," ujar Zulfahmi saat dihubungi wartawan, Rabu (15/11/2023).

Kata dia, ke depan ICS akan terus berproduksi menjalankan bisnisnya. Dia meminta dukungan dari masyarakat agar perusahaan itu bisa terus eksis berproduksi.

"Insyaallah ICS akan tetap terus beroperasi. Mohon suport-nya," ucap Zulfahmi lagi.

Sebagaimana diketahui, ICS mulai berproduksi pada Rabu (11/1/2023) lalu. Acara syukuran dimulainya ICS berproduksi dihadiri oleh Penjabat Bupati Kampar H Kamsol, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Zulfahmi, Owner PT Delta Mina Perkasa Yusuf Ramli, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah Kabupaten Kampar, Direktur PT Delta Mina Perkasa Imza Hermawan, Pucuk Adat Kenagarian Kampa, Syamsiwir, Datuk Tumenggung, Kepala Desa Koto Perambahan, alim ulama dan ninik mamak. 

Pj Bupati Kampar H Kamsol dalam pengarahannya saat itu mengakui, untuk sampai tahap berproduksi, pembangunan ICS menemui banyak kendala dan hambatan. 

Kamsol mengapresiasi perjuangan pengorbanan Yusuf Ramli yang merupakan putra daerah Kabupaten Kampar yang telah sukses menjadi pengusaha perikanan di Jakarta hingga wilayah Sulawesi yang memiliki peran dan andil yang sangat besar sehingga ICS di Koto Perambahan bisa berproduksi dan akan menampung ikan patin hasil budidaya masyarakat di sejumlah desa/kelurahan di Kabupaten Kampar. 

Ia menilai Yusuf Ramli melalukan ini karena cinta daerahnya dan ingin membangun Kabupaten Kampar, bukan karena aspek ekonomi.

"Dengan digelarnya do'a bersama ini kendala yang dihadapi ke depan dimudahkan oleh Allah dan dihilangkan semua hal yang melintang," harap Kamsol.

Pada kesempatan itu, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti ini mengaku bahwa telah melaporkan perkembangan perikanan di Kabupaten Kampar kepada Presiden RI Joko Widodo disela-sela orang nomor satu di Indonesia itu meresmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang beberapa hari lalu. 

Presiden merekomendasikan agar Pj Bupati Kampar menjumpai Menteri Kelautan dan Perikanan RI untuk pembuatan pabrik pakan ikan yang sangat dibutuhkan para petani di Kampar saat ini. Pemkab juga telah mempersiapkan proposalnya. 

Kala itu, Direktur PT Delta Mina Perkasa Imza Hermawan dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya. Walaupun sempat vakum selama hampir tiga tahun namun apa yang diimpikan akhirnya bisa terwujud.-naz

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Akui Mesin Produksi Sempat Rusak, Kadis Perikanan Kampar Sebut ICS Koto Perambahan Sudah Beroperasi Normal

Trending Now

Iklan

iklan