Iklan

iklan

Rapat Pengurus, LPTQ Kampar Mulai Bahas Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten dan Provinsi

Redaksi
Sabtu, 30 Desember 2023 | 16:09 WIB Last Updated 2024-01-17T09:11:55Z

 

BANGKINANG KOTA, Teraskampar.id - Setelah terbentuk kepengurusan yang baru sesuai Dengan SK Bupati Kampar nomor : 626/KESRA/IX/2023-2028. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Kampar menggelar rapat perdana pengurus membahas persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten dan Provinsi Riau , Jum'at (29/12/2023).

Rapat yang dilaksanakan diruang rapat gedung LPTQ Kabupaten Kampar Bangkinang Kota tersebut, dibuka oleh Ketua Harian LPTQ Kampar H Yurmailis Saruji,SE.

Dalam arahannya, didampingi Sekretaris Umum H Dirhamsyah, M, Sy sebelum membahas persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Riau di Kota Dumai. Terlebih dahulu, Yurmailis menyampaikan aturan hasil rapat kerja daerah LPTQ Provinsi Riau.

Dimana pertama Yurmaikis menyebut, bahwa pelaksanaan MTQ Provinsi ke-42 di Dumai akan dimulai pada tanggal 20-27 April 2024. Untuk tanggal 4 Febbuari sudah mulai Pendaftaran dan 14 Maret sudah ditetapkan peserta itu.

Selanjutnya melihat hasil rakerda, didalam itu disebutkan bahwa untuk cabang Hadist akan diperlombakan, dan tetapi tidak akan diperlombakan tingkat nasional di Kalimantan Timur.

Kemudian cabang Seni Kaligrafi ditingkat Provinsi akan diperlombakan, namun untuk tingkat Nasional hanya eksibisi. Begitu juga Cabang Albarzanji tetap diperlombakan, namun diberi batas umur.

Hal terpenting dketahui juga, bahwa pada Mtq ke-42 di Kota Dumai wajib/harus menggunakan KTP Provinsi Riau, bagi tidak sesuai KTP dengan Kab./Kota maka wajib ada Rekomendasi dari LPTQ asal paling lambat Januari 2024.

Terakhir, untuk pengiriman peserta Mtq Nasinal ke-30 di Kaltim 2024, LPTQ Riau melakukan pembinaan terhadap juara I dan II pada Mtq Provinsi riau ke-42 tahun 2024, serta dipilih terbaik untuk didaftarkan ke tingkat Nasional.

Melihat hasil tersebut, Yurmailis berharap kepada pengurus untuk aktif mengontrol dalam keikut sertaan anak-anak kampar mulai pelaksanan mtq tingkat kabupaten, sampai akan mengikuti Mtq tingkat Provinsi.

Sementara untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kampar, dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Februari 2024 di Kecamatan Perhentian Raja.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepada Kementrian Agama Kabupaten Kampar Fuadi Ahmad, bahwa kampar memiliki 1 juta jiwa penduduk, namun pengurus yang 27 orang diberi amanah untuk mengurus lPTQ atau setiap pelaksanaan MTQ baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi. 

Dengan demikian, saya menegaskan kepada pengurus untuk aktif mendapatkan informasi, dan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi - fungsi masing-masing .

Selain ini, kita lihat dari hasil dan kemampuan anak-anak. Kampar di berapa cabang seperti Tartail, Tilawah anak-anak, Fahmil dan Syarhil banyak yang menjamim. Untuk itu, kita harus mesti inventarisir, ambil atau kunci langsung putra-putri kita sendiri.

Akan tetapi, disamping itu kita juga  harus melakukan pembinaan kepada anak-anak dari awal, baik tingkat kecamatan, Kabupaten serta Provinsi kita juga harus melakukan pembinaan kepada anak-anak dari awal, baik tingkat kecamatan, Kabupaten serta Provinsi."ucap Fuadi". ***

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rapat Pengurus, LPTQ Kampar Mulai Bahas Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten dan Provinsi

Trending Now

Iklan

iklan