Iklan

iklan

Pimpin Rakor Persiapan Musrenbang, Pj Sekda Kampar Tegas Untuk Prioritaskan program Unggulan

Redaksi
Selasa, 16 Januari 2024 | 16:53 WIB Last Updated 2024-01-17T09:56:29Z

 


Bangkinang Kota, Teraskampar.id - Mewujudkan Kelancaran acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tahun 2024 untuk Penyusunan RKPD 2025, Pj Bupati Kampar H. Hambali,SE, MH yang diwakili oleh Pj Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M. SI Pimpin Rapat Koordinasi Musrenbang RKPD di Kecamatan, yang diselenggarakan di Aula Muara Takus Kantor Bappeda Kampar, Senin (15/1/2024).

Kegiatan tersebut di Pimpin oleh Pj Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M.Si didampingi oleh Kaban Bappeda Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP dihadiri oleh Seluruh Kepala OPD di lingkup Pemkab Kampar serta Camat Se Kabupaten Kampar.

Rakor ini digelar dengan tujuan untuk melakukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan dalam penyusunan dokumen rencana pembangunan melalui suatu forum yang disebut sebagai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Dalam arahannya, Pj Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M. Si mengatakan bahwa dalam rangka Persiapan Musrenbang ini dahulukan Prioritas seperti Infrastruktur Jembatan di Kecamatan/Desa. 

“Jadi kita perlu memperhatikan isu-isu apa yang perlu kita benahi di Kabupaten Kampar, Seperti Jembatan yang Mangkrak Bertahun tahun, jadikan itu Prioritas, 

“Saya Tegaskan Pak Camat harus cekatan soal Dana, banyak sekali Sumber dana, Dari CSR, Dana BanQ, dana Dari Dewan Kabupaten/ Provinsi bisa di Koordinasikan kepada mereka, kalau menyangkut kesejahteraan Masyarakat gak ada yang salah.”tegasnya.”
 
Pj Sekda Kampar juga berharap dengan Pelaksanan Musrenbang ini Skala Prioritas harus selesai 2024.

Selanjutnya, Pj Sekda Kampar dalam musrenbang tahun 2024 harus menjadi perhatian kita semua dengan permasalahan Infrastruktur, Stunting, Kemiskinan Extream serta harus diselesaikan anak Putus Sekolah dan Kesehatan, ini menjadi beban kita semua.

Pj Sekda juga berharap sekolah Pendidikan kita ini harus terdepan, Dinas pendidikan harus memikirkan itu bagaimana langkah-langkah tanaga pendidik ini bisa cerdas serta Kepala Sekolah ini Prioritasnya hanya menjadi Guru memikirkan tentang bagaimana sekolah ini cerdas, jangan semua dikerjakan. Dan saya juga usulkan, Guru serta Tenaga Medis yang ada di Plosok beri mereka hadiah. 

Selanjutnya, terkait Anak stunting nantinya tahun ini seluruh anak Stunting sudah Punya Bapak Asuh, dan tahun 2024 sudah klir.

Untuk itu, Semoga pembangunan yang kita lakukan ini dapat dinikmati oleh masyarakat terkhususnya desa dalam meningkatkan Ekosistem pembangunan yang berkeadilan untuk masyarakat Kabupaten Kampar.”tutupnya.”

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP mengatakan bahwa dalam Rapat Kordinasi Musrenbang tingkat Kecamatan Tahun 2024 untuk Penyusunan RKPD 2025 memang tahapn ini biasanya kita adakan di Akhir Februari dan Maret, dengan adanya Agenda yang padat pada Februari nanti ada Pemilu, Ulang Tahun Kampar dan lainnya, Maka Musrenbang ini akan kita Gelar hari ini atau sebelum Pemilu.

RKPD Adalah Penjabaran dari RPJMD yang memuat rancangan kerangka Ekonomi Daerah serta rencana Kerja dan pendanaan untuk jangka waktu satu tahun yang disusun dengan berpedoman pada RKP dan program strategis Nasional yang diterapkan oleh Pemerintah Pusat.

Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas.

Ada Alur Tahapan Musrenbang pada aplikasi Sipd-ri.kemendagri.co.id yaitu pertama, Persiapan, Kedua Pengaturan Jadwal, Ketiga Input Usulan Musrenbang Desa/Kelurahan oleh akun kepala Desa/Keluarahan, Keempat Validasi/Verifikasi usulan Musrenbang Desa/Kelurahan oleh Akun Mitra Bappeda, Kelima, Musrenbang Kecamatan, Keenam, validasi/ Verifikasi usulan musrenbang desa/kelurahan hasil musrenbang kecamatan oleh Akun Verifikator Kecamatan, Ketujuh, Forum Perangkat Daerah, Kedelapan Validasi/Verifikasi musrenbang kecamatan oleh Akun Verifikator OPD, Kesembilan Musrenbang Kabupaten, Kesepuluh Verifikasi/Validasi usulan musrenbang kabupaten oleh akun TPAD Perencanaan.

“Jadwal Musrenbang RKPD di Kecamatan tahun 2025 dimulai tanggal 22 s/d 26 Januari 2024.”tutupnya.” ***

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pimpin Rakor Persiapan Musrenbang, Pj Sekda Kampar Tegas Untuk Prioritaskan program Unggulan

Trending Now

Iklan

iklan