Iklan

iklan

Beaghak Balimau Kasai, Warga Desa Kasikan Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Meriah

Redaksi
Minggu, 10 Maret 2024 | 16:09 WIB Last Updated 2024-03-22T19:56:24Z

Ninik Mamak/Kepala suku Desa Kasikan Beaghak menuju balai desa dalam rangka menggelar acara balimau kasai guna menyambut bulan Ramadhan pada Minggu (10/3/2024) (Foto: Istimewa)
Tapung Hulu - Ratusan warga Desa Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kampar, memadati Balai Desa setempat, dalam rangka memeriahkan acara religi tahunan Balimau Kasai pada Minggu (10/3/2024) sore.

Acara balimau kasai ini digelar guna menyambut bulan suci Ramadhan.

Sebelum mereka berkumpul di Balai Desa, warga terlebih dahulu bersama-sama  'Beaghak' dengan seluruh Ninik mamak atau kepala suku di desa tersebut.

Mereka dengan khidmat mengarak keliling desa menuju balai desa, mempersembahkan doa-doa dan harapan baik untuk menyambut bulan penuh berkah ini. 

Foto Bersama Ninik Mamak, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat di Desa Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kampar.
Selain itu, acara ini menjadi momentum untuk memperkuat tali silaturahmi antarwarga dan melestarikan tradisi lokal yang kaya akan nilai-nilai kearifan lokal.

Suasana yang sarat makna ini, masyarakat Desa Kasikan bersatu dalam kegiatan tradisional ini, menciptakan suasana yang penuh keceriaan dan kehangatan. 

Semangat gotong-royong dan kepedulian terhadap sesama menjadi cermin dari kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan.

Dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan, acara Balimau Kasai ini tidak hanya menjadi momen kebersamaan tetapi juga sebagai wujud persiapan spiritual menyambut bulan suci yang penuh berkah. 

Desa Kasikan telah memberikan teladan positif dalam mempertahankan tradisi lokal sekaligus menjalin persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman masyarakat. (*)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Beaghak Balimau Kasai, Warga Desa Kasikan Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Meriah

Trending Now

Iklan

iklan