Iklan

iklan

Galopuong Ondam, Makanan Khas Kampar Alternatif untuk Menu Berbuka Puasa Bersama Keluarga

Redaksi
Minggu, 24 Maret 2024 | 13:37 WIB Last Updated 2024-03-24T07:11:14Z

Kue Galopuong Ondam Foto: Internet/Cookofood
KAMPAR, TERASKAMPAR.ID - Jika sanak bingung mencari ide makanan yang manis-manis untuk menu berbuka puasa selama bulan suci Ramadan ini, Kue Galopuong Ondam, makanan khas Kabupaten Kampar ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk sanak.

Kue Golopuong Ondam ini adalah khas makanan dari Kabupaten Kampar yang mirip dengan kue klepon ataupun onde-onde. Namun, dari penampilan dan cara penyajian yang berbeda.

Jika kue Klepon ataupun onde-onde tampilan dan penyajiannya, biasanya, penuh dengan taburan parutan kelapa, namun, kue Galopuong Ondam,  penyajiannya dan hidangannya di rendam dengan santan.

Jika sanak berburu makan takjil pada  bulan suci Ramadan dan ingin mencari  makanan kue Golopuong Ondam ini memang tidak mudah, tak semua tempat jajanan takjil bisa ditemui.

Kue Golopuong Ondam ini tak semua di daerah kabupaten Kampar mudah ditemui. Hanya penjual tertentu saja.

Kue Galopuong Ondam ini hanya dapat sanak temui di tempat-tempat tertentu. Salah satunya di pasar Air Tiris. Tapi,  tak perlu khawatir. Sanak-sanak  bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. 

Berikut bahan-bahan dan cara pembuatan kue Galopuong Ondam makanan khas Kampar

Dikutip oleh teraskampar.id dari YouTube Delicious Foods Feroyzi, Pertama siapkan 150 gram tepung Ketan lalu tambahkan garam secukupnya lalu di aduk rata, kemudian tambahkan air secukupnya, tuang air sedikit demi sedikit lalu campur rata sehingga adonan menjadi kalis.

Kemudian, bela adonan menjadi beberapa bagian dan dipipihkan, lalu isi adonan dengan gula merah dan kemudian adonan dibentuk seperti bulatan bola kecil.

Kemudian adonan yang telah dibentuk dengan bulatan bola kecil di hidangkan ke piring yang telah di alas dengan daun pisang, lalu siram dengan kuah santan kelapa secukupnya.

Kemudian dikukus. Setelah lebih kurang selama 24 menit kue Golopuong Ondam makanan khas Kampar ini bisa sanak nikmati saat berbuka puasa bersama keluarga.


Selamat mencoba sanak !


Penulis: Muhammad Arif 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Galopuong Ondam, Makanan Khas Kampar Alternatif untuk Menu Berbuka Puasa Bersama Keluarga

Trending Now

Iklan

iklan