Iklan

iklan

Meskipun di Tengah Cuaca Ekstrem, PUPR Sukses Bangun 4 Jembatan Tahun 2023 di Aliran Sungai Kampar, Masyarakat akan Gelar Syukuran

Redaksi
Rabu, 15 Mei 2024 | 11:36 WIB Last Updated 2024-05-15T05:26:58Z
 Jembatan rangka baja Desa Limau Manis (dok.)

Bangkinang, (TerKam) - Di Tahun Anggaran (TA) 2023 lalu Dinas PUPR Kabupaten Kampar telah selesai membangun empat jembatan baru yang membentang di dua sungai besar di Kampar, yakni tiga jembatan di Sungai Kampar Kanan, dan satu jembatan di Sungai Kampar Kiri.

Empat jembatan baru tersebut, dua merupakan jembatan rangka baja dan dua lainnya merupakan jembatan gantung. Keempat jembatan tersebut adalah jembatan rangka baja di Desa Limau Manis di Kecamatan Kampar, Jembatan Gantung di Desa Sipungguk Kecamatan Salo, dan jembatan gantung di Kuapan, Desa Koto Perambahan  di Kecamatan Kampa dan terakhir jembatan rangka baja di Desa Rantau Kasih, Kecamatan Kampar Kiri Hilir.

Berikut Rincian biaya pembuatan keempat jembatan tersebut :

1. Pembangunan jembatan gantung Limau Manis Kabupaten Kampar

Lokasi : Kecamatan Kampar

Pagu dana : 23.151.005.000

2. Pembangunan jembatan gantung Salo Kecamatan Salo (lanjutan V) Kabupaten Kampar

Lokasi : Kecamatan Salo

Pagu    : 5.947.953.000

3. Pembangunan jembatan gantung Kuapan Koto Perambahan (lanjutan V) Kabupaten Kampar

Lokasi    : Kecamatan Kampa

Pagu       : 8.186.570.000

4. Pembangunan jembatan rangka baja Rantau Kasih Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar

Lokasi   : Kecamatan Kampar Kiri Hilir

Pagu     : 44.962.930.000

Kepala Dinas PUPR, Afdal mengatakan empat jembatan ini sukses dibangun mencapai bobot akhir 100 persen meskipun di tengah cuaca yang sangat ekstrem di hampir sepanjang tahun 2023. 

"Dua jembatan rangka baja, dua jembatan gantung selesai dibangun, Alhamdulilah selesai walaupun cuaca tidak mendukung," ujar Afdal ditemui di sela Rapat Paripurna DPRD Kampar Tetang Laporan Pansus Terhadap LKPj Bupati Kampar tahun 2023, Senin (13/5/2024).

Dalam waktu dekat, kata Afdal masyarakat akan melaksanakan syukuran atas selesainya pembangunan jembatan rangka baja di Rantau Kasih. Sebab kehadiran jembatan ini bak oase di tengah padang tandus yang telah dinanti sejak lama oleh warga di sana.

"Masyarakat Rantau Kasih dalam waktu dekat mau menggelar syukuran atas selesainya jembatan ini, mau mengundang Gubernur," ungkap Afdal.

Dengan selesainya pembangunan empat jembatan ini, selanjutnya tutur Afdal, Pemkab Kampar akan membangun jembatan jembatan berikutnya, terutama untuk di Pulau Pencong Kampar Kiri Hulu. Rencananya, sebut Afdal, jembatan ini akan direalisasikan pada tahun anggaran 2025.

Sebagaimana diketahui, pembagunan infrastruktur jembatan di Kampar merupakan pekerjaan rumah besar bagi pemerintah. Perlahan tapi pasti pekerjaan itu terus dituntaskan melalui leading sector Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang kini dipimpin Afdal (Advetorial).

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meskipun di Tengah Cuaca Ekstrem, PUPR Sukses Bangun 4 Jembatan Tahun 2023 di Aliran Sungai Kampar, Masyarakat akan Gelar Syukuran

Trending Now

Iklan

iklan