Iklan

iklan

Bawaslu Kampar Apresiasi Komitmen Polres Kampar Untuk Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Redaksi
Selasa, 27 Agustus 2024 | 22:50 WIB Last Updated 2024-08-27T15:58:36Z


Bangkinang (Teras Kampar) - Bawaslu Kampar - Kapolres Kampar AKBP Ronal Sumaja Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 untuk Jajaran Polres Kampar bertempat di Lapangan Upacara Mapolres Kampar Selasa (27/8/24). Dengan Perwira Apel Kasat Samapta Donal Jonson Tambunan dan Komandan Apel IPTU Irwan Fadilla.

Anggota Bawaslu Kampar Mustaqim Akbar mengikuti Apel Gelar Pasukan ini bersama Bupati Kampar yang di wakili oleh Asisten III Ir. Azwan, Dandim 0313/KPR, yang di wakili Pasi Ops katen Inf. Sutan Syarir, Plh ketua Pengadilan Negeri Bangkinang Aulia Fhatma Widola, Ketua KPU Kampar Andi Putra, Seketaris Dishub Kampar Kholis Febri,dan seluruh Pejabat Utama Polres Kampar, Para Kapolsek Jajaran Polres Kampar.

Pasukan Apel terdiri dari Personil TNI dari Kodim 0313/ KPR, Personel Gabungan Polres Kampar, Dishub, BPBD Kampar, dan Sat Pol PP.

Dalam Apel Gelar Pasukan ini, Pimpinan Apel melakukan Pemasangan Pita Tanda Pita Operasi kepada Perwakilan Personel, sebagai tanda dimulainya operasi.

Kapolres selaku Pimpinan Apel dalam amanatnya menyampaikan bahwa, Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024 secara serentak dilaksanakan di Jajaran Polda Riau.

''Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel maupun Sarpras Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024, sehingga pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan Aman dan lancar,''harapnya.

Dikatakannya, Pilkada Serentak Tahun 2024 ini adalah pesta Demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan Demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan Bangsa.

''Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen Bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 Ini. Terlebih lagi, Pilkada Tahun ini memiliki Kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar,''terangnya.

Oleh sebab itu, guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, Pemerintah Daerah, Instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024.

”.Operasi ini dilaksanakan selama 127 Hari Sejak Tanggal 27 Agustus sampai dengan 31 Desember 2024 yang diikuti Oleh 686 personel Polri di Kabupaten Kampar guna mengamankan seluruh Tahapan Pemilu,''ungkapnya.

Kapolres mengungkapkan pihaknya juga telah membentuk Formasi Pasukan untuk mensukseskan Pilkada serentak Tahun 2024, yang berjumlah 446 personil akan di terjunkan untuk mengamankan tahapan-tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Kampar, selain Itu Ada Juga Personil berjumlah 228 Personil yang akan menjadi Power On Hand Kapolres Kampar untuk mendukung Pelaksanaan Tugas Rutin Harian dan Pasukan Dalmas.

''Sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 Ini , Polres Kampar juga melaksanakan kegiatan Cooling System untuk membangun narasi besar Persatuan Dan Kesatuan, serta kemajuan Bangsa diatas Kepentingan Kelompok. Guna mengantisipasi Polarisasi akibat berita Hoaks, isu Sara, propaganda Firehouse Of Falsehood dan Black Campaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics serta Satgas Pemilu Damai,''jelasnya.

Sementara itu Anggota Bawaslu Kampar Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Mustaqim Akbar disela-sela apel tersebut menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolres Kampar AKBP Ronal Sumaja dan jajarannya dalam  persiapan pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024 khususnya di Kabupaten Kampar.

 ''Kami Bawaslu Kampar menyampaikan apresiasi yang setingginya kepada Bapak Kapolres Kampar AKBP Ronal Sumaja dan jajarannya serta  TNI dengan komitmen yang tinggi mempersiapkan personil demi pengamanan menghadapi Pilkada Serentak 2024, begitu juga kepada stakeholder yang ada di Kabupaten Kampar sehingga harapan kita bersama dapat tercapai yakni Pilkada yang aman, damai dan sukses,''ujarnya.

Pada kesempatan itu Mustaqim juga menyampaikan bahwa Pilkada Serentak tahun 2024 saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati, dalam menghadapi tahapan ini maka dari itu Bawaslu Kampar sudah melakukan koordinasi dengan pihak KPU dan Polres Kampar.

''Tahapan Pendaftaran ini Bawaslu Kampar minta kepada KPU untuk taat prosedur dan perlakuan adil dan setara kepada setiap pasangan Calon, kemudian terkait kerawanan di beberapa titik Bawaslu Kampar sudan melakukan pemetaan,''terangnya.


Penulis : Zulfadli

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawaslu Kampar Apresiasi Komitmen Polres Kampar Untuk Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Trending Now

Iklan

iklan