Iklan

iklan

Jadi Khatib Jumat di Kenegerian Kuntu, Repol: Sesama Manusia Harus Saling Tolong Menolong

Redaksi
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 11:12 WIB Last Updated 2024-10-05T08:36:27Z
Calon Bupati Kampar nomor urut 01 Repol saat menjadi Khotib Jumat di Masjid Al-huda Kenegarian Kuntu, Kampar Kiri (Foto: Istimewa)

Kampar Kiri (TerKam) - Calon Bupati Kampar nomor urut 1 Repol SAg MIP menegaskan pentingnya rasa tolong menolong kebaikan antar sesama manusia.

Hal itu ia sampaikan dalam khutbah Jum'at nya di Masjid Al-Huda Kenegerian Kuntu Kecamatan Kampar Kiri, Jum'at (04/10/2024).

"Manusia tidak bisa lepas dari orang lain. Karena hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan," ujarnya.

Salah satu contohnya, seseorang ibu yang sedang hamil besar membutuhkan pertolongan bidan untuk membantu proses persalinan.

"Ketika awal kita ada di dunia ini, kita membutuhkan seseorang yang menjadi perantara kelahiran, yaitu ibu. Saat itu, kita membutuhkan seorang bidan yang membantu mengeluarkan kita dari perut ibu. Dari kecil hingga tumbuh dewasa kita membutuhkan orang tua, ketika kesulitan dan memiliki hajat, kita membutuhkan tetangga dan warga sekitar, ketika punya problem kehidupan kita juga membutuhkan seorang pendengar, hingga ketika ajal menjemput, kita pun membutuhkan orang yang menguburkan jasad kita," ucapnya.

Dikatakan Repol lagi, sesama manusia untuk tidak bosan menanamkan nilai-nilai saling tolong menolong dalam kebaikan.

"Kita semua saling membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu, pesan yang ditanamkan sejak kecil hingga dewasa adalah jangan bosan-bosan menolong orang lain yang membutuhkan," pesannya.

Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Imam Muslim yang dikutip Repol terkait keutamaan menolong sesama muslim menyebutkan melapangkan kesulitan orang lain mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT.

"Siapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Siapa memudahkan urusan orang yang kesulitan, maka Allah memudahkan baginya dari kesulitan di dunia dan akhirat. Siapa menutupi aib seorang Muslim, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba," bunyi hadis yang dibaca Repol.

Terakhir, Repol mengingatkan kembali bahwa membantu orang yang membutuhkan merupakan cerminan persaudaraan.

"Dengan menolong orang muslim yang sedang membutuhkan pertolongan, maka kita telah mencerminkan pesan persaudaraan yang di tamsilkan oleh Rasulullah Muhammad SAW," pesannya.(***)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jadi Khatib Jumat di Kenegerian Kuntu, Repol: Sesama Manusia Harus Saling Tolong Menolong

Trending Now

Iklan

iklan